Sabtu, 20 April 2019

Pembelajaran 4

Kerukunan di rumah membuat suasana damai.
Udin termasuk anak yang riang.
Mutiara termasuk anak yang pendiam.
Perbedaan itu tidak mengurangi kerukunan mereka.
Amatilah gambar-gambar di bawah ini dengan teliti!
Berilah tanda √ pada gambar yang merupakan
contoh sikap hidup rukun dan tanda X pada contoh sikap hidup tidak rukun!
Ayo berdiskusi
Sebutkan contoh kegemaranmu!
Sebutkan contoh kegemaran anggota keluargamu!
Berdiskusilah dengan teman-temanmu untuk
menjawab pertanyaan-pertanyaan berikut.
Apa saja kegemaran anggota keluarga di
rumahmu?
Jawab:

Apakah anggota keluargamu tetap rukun
meskipun kegemarannya berbeda?
Jawab:

Berilah tanda √ untuk pernyataan yang menurutmu benar!

Kesimpulan:
1. Kegemaran anggota keluargaku
ada yang sama.
2. Kegemaran anggota keluargaku
ada yang berbeda.
3. Meskipun berbeda kegemaran,
anggota keluargaku tetap
rukun.
Ada bermacam-macam kegemaran anggota keluarga di
rumah.
• Ada yang gemar berpuisi.
• Ada yang gemar menari.
• Ada yang gemar menyanyi.
Ayo bernyanyi!
Nyanyikan lagu di bawah ini dengan percaya diri!
Peramah dan Sopan
2/4 Ciptaan: Pak Dal
Bukan yang congkak, bukan yang sombong,
yang disayangi handai dan taulan.
Hanya anak yang tak pernah bohong.
Rajin bekerja, peramah, dan sopan.
Bacalah syair lagu di atas dengan teliti.
Tuliskan sifat-sifat baik yang ada pada lagu tersebut!
Tuliskan sifat-sifat buruk yang ada pada lagu tersebut!

ayo bercerita
Sebutkan anggota keluargamu di rumah?
Sebutkan sifat-sifat anggota keluargamu tersebut!
Ceritakan dalam bahasa tulis sederhana mengenai
kebersamaan keluargamu!

Anggota keluargaku adalah

Sifat-sifat mereka adalah

Kami sering melakukan kegiatan bersama, yaitu

Ayo berkreasi
Buatlah karya kreasi
berikut dengan rapi!
Carilah gambar alat
musik ritmis dari
majalah atau koran.
Guntinglah gambar alat
musik tersebut.
Tempelkan pada tempat
yang tersedia!


Kegiatan bersama orang tua
Orang tua membicarakan contoh sifat-sifat baik dan sebaliknya. Orangtua
memotivasi siswa untuk mengembangkan sifat-sifat yang baik.


Selasa, 16 April 2019

Pembeljaran 3
Udin dan Mutiara selalu menjaga kerukunan.
Ketika bermain pun mereka selalu rukun.
Udin dan Mutiara suka bermain ayunan.
Ayo bernyanyi
Nyanyikan lagu di bawah ini dengan percaya diri!

Simaklah syair lagu di atas dengan teliti!
Ayo menanya
Buatlah pertanyaan berdasarkan isi lagu di atas.
Tukarkanlah pertanyaan yang kamu buat dengan
temanmu, kemudian jawablah.
Ayo berkreasi
Ubahlah syair lagu menjadi sebuah cerita.
Tuliskan pada tempat yang tersedia.
Hiaslah dengan gambar-gambar yang indah!
Buatlah gambar yang sesuai menggunakan pensil
warna atau krayon!
Ayo bermain peran!
Masih ingatkah kamu isi buku harian Udin?
Buku harian itu bercerita mengenai buku yang sobek.
Bacalah teks percakapan berikut ini.

Perankan percakapan itu bersama temanmu dengan
percaya diri!
Buku Kakak Sobek

Udin : Kak, bolehkah saya meminjam buku yang di
rak paling atas itu?
Mutiara : Tentu saja boleh. Mengapa buku itu yang
kamu pilih?
Udin : Iya, Kak. Saya tertarik pada gambar
sampulnya. Mungkin isinya menarik juga.
Mutiara : Mengapa tertarik pada gambar anak-anak
bernyanyi?
Udin : Saya senang belajar menyanyi. Saya ingin
menyanyikan lagu di buku itu. Saya ambil
sendiri bukunya ya, Kak.
Udin mengambil buku itu sambil meloncat.
Udin : Aduh! Dapat bukunya, Kak. Tapi bukunya jadi
sobek. Maafkan saya. Saya tidak sengaja.
Mutiara : Ya, tidak apa-apa. Kan, kamu tidak sengaja
melakukannya. Tidak usah sedih. Mari kakak
bantu membacanya. Wah, ternyata ini buku
lagu. Ayo kita nyanyikan salah satunya.
Ayo berdiskusi
Buku lagu anak itu cukup tebal. Ada 260 halaman.
260 dibaca dua ratus enam puluh.
Berdiskusilah bersama teman dengan santun!
Bagaimana cara membaca lambang bilangan berikut.
Kemarin Mutiara membaca buku halaman 43.
Hari ini halaman 46.
Mutira berencana membaca buku halaman 49 besok
pagi.
Perhatikan bilangan-bilangan pada halaman tersebut!
Bilangan-bilangan itu membentuk barisan bilangan +3.
Lengkapilah deret bilangan +3 berikut dengan teliti!
1. 27 .... .... .... ....
2. .... 32 .... .... ....
3. .... .... 44 .... ....
4. .... .... .... 51 ....
5. .... .... .... .... 54

Kegiatan bersama orang tua