Jumat, 29 Maret 2019


Tematik Kelas 2 Tema 1



Pembelajaran 1

Subtema 1



                                 HIDUP RUKUN
Kerukunan perlu dijaga dalam kehidupan kita.
Dapatkah kamu menyebutkan contoh hidup rukun?
Perhatikan beberapa gambar di bawah ini!













Cermatilah gambar di atas dengan teliti!

Ceritakan isi ambar itu kepada teman di sampingmu dengan Bahasa lisan. Kamu boleh saling bercerita dengan menggunakn Bahasa daerahmu.









Subtema 1

Hidup Rukun di Rumah

Udin mempunyai kakak perempuan bernama Mutiara.
Udin dan Mutiara selalu menjaga kerukunan di rumah.
Mereka saling membantu melakukan kegiatan di
rumah.
Misalnya, Udin membantu kakaknya merapikan buku.
Mutiara membantu Udin membacakan buku cerita.



Perhatikan gambar Udin dan Mutiara yang sedang
membaca buku bersama.
Tuliskan pertanyaan dan jawaban tentang gambar
tersebut dengan teliti!





Ayo bernyanyi



Berikut ini adalah lagu tentang kakak dan adik.
Nyanyikan lagu ini sesuai dengan ketukan biramanya
dengan penuh percaya diri!



      Ruri Abangku

                      Ciptaan: A.T. Mahmud



Ruri adalah Abangku

Rajin dan senang belajar

Dengan menyandang tas di bahu

Ringan menuju sekolah

….………………………………………………………………………………………………

Bacalah syair lagu itu dengan nyaring!
Bacalah dengan cara menirukan gurumu dengan teliti!
Tahukah kamu arti abang?
Abang adalah sebutan untuk kakak laki-laki di daerah
tertentu.
Apakah sebutan kakak laki-laki di daerahmu?
Apakah sebutan kakak perempuan di daerahmu?

….………………………………………………………………………………………………

Udin dan Mutiara selalu menjaga kerukunan.
Bagaimana mereka menjaga kerukunan?
Simaklah teks buku harian Udin berikut!


….……………………………………………………………………………………….

1.   Apa yang diceritakan di dalam buku harian itu?

2.   Mengapa Udin minta maaf kepada kakaknya?

3.   Apakah kakaknya memaafkah Udin?

4.   Apa yang terjadi seandainya Mutiara tidak
memaafkan Udin?

5.   Peragakan dan ucapkan permohonan maaf dengan
santun!

….……………………………………………………………………………………….

Contoh peragaan dan ucapan permohonan maaf
dengan santun!


Buku yang sobek sudah direkat kembali oleh Mutiara.
Buku tersebut dikembalikan ke rak buku.
Mari kita pergi ke perpustakaan sekolah.
Perhatikan susunan buku-buku di dalam rak.


Ayo berlatih



Berapa jumlah buku-buku di dalam rak tersebut?
Bagaimana agar kita lebih mudah menghitung jumlah
buku tersebut?
Misalnya kita kelompokkan buku-buku tersebut,
masing-masing kelompok berisi 10 buku.
                  1 kelompok= 1 puluhan

       

5 puluhan sama dengan 50
Banyak buku ada 57.

….……………………………………………………………………………………….
Barisan rak yang lain berisi lebih banyak buku.
Satu tumpukan berisi sepuluh buah buku.
Ada sepuluh tumpukan buku.
Artinya, rak buku itu berisi seratus buku.

….……………………………………………………………………………………….



Ayo Mengaati



Amatilah gambar berikut ini!
Hitunglah jumlah kubus dengan teliti!               

 Kubus satuan berjumlah sepuluh digambarkan menjadi satu kubus puluhan.


Hitunglah kubus satua berikut:

Kubus satuan berjumlah sepuluh itu dapat diganti
gambarnya menjadi kubus satuan berjumlah serratus

             

Contoh : ….……………………………………………………………………….

1.    

        

Banyaknya kubus ada 138.



2.    

    

Banyaknya kubus ada 267.



Ayo Berlatih:



1.    


Banyaknya kubus ada berapa ?

2.    


Banyaknya kubus ada berapa ?

….……………………………………………………………………………………...

Perhatikan kembali gambar tumpukan buku pada rakrak berikut.

Contoh : 138

Kalimat : Aku membaca buku  halaman 138.

Lalu salinlah kalimat itu menggunakan huruf tegak bersabung dengan telit.








Perhatikan kebali gambar tumpukan buku pada rak-rak berikut.

Sebutkan banyak buku yang ada pada setiap rak!






………………….……………………………………………………………………….

Bandingkan banyak buku di rak A dan rak B.
Buku di rak manakah yang lebih banyak?
Bandingkan banyak buku di rak A dan rak C.
Buku di rak manakah yang lebih sedikit?
Perhatikan barisan bilangan 40, 41, 42.
Barisan bilangan itu membentuk pola teratur, yaitu +1.




Lengkapilah barisan bilangan +1 berikut dengan teliti!

1.   38      ….      ….      ….      ….

2.   ….     41      ….      ….      ….

3.   ….      ….     46      ….      ….

4.   ….      ….      ….     47      ….

5.   ….      ….      ….      ….     49





Ayo menulis

Udin rajin menulis kegiatannya pada buku harian.
Tulislah teks buku harian tentang kegiatanmu bersama
anggota keluargamu yang lain pada hari ini dengan
teliti!
Tuliskan pada teks buku harianmu itu siapa saja
anggota keluarga perempuan!
Tuliskan pada teks buku harianmu itu siapa saja
anggota keluarga laki-laki!
Ceritakan kebersamaan anggota keluarga perempuan
dan laki-laki di dalam keluargamu!


Kegiatan Bersama Anggota Keluargaku!




























Kegiatan berama orang tua.
Orang tua membaca teks buku harian yang ditulis siswa. Kemudian bertanya jawab mengenai isi buku harian tersebut.