Jumat, 17 Mei 2019

Pembelajaran 2

Ayo Mengamati
Udin berteman baik dengan Edo.
Mereka senang naik sepeda.
Bacalah percakapan di bawah ini dengan teliti!


Ayo Menanya
Tulis pertanyaan dan jawaban tentang persiapan peringatan hari kemerdekaan sesuai percakapan di atas.
Tukis pertanyaan itu pada tanya jawab!
Tukar pertanyaan yang kamu buat dengan teman sebangkumu.
Kemudian berikan jawaban yang benar sesuai dengan pertannyaan temanmu!
Pertanyaan : . . . .
Jawaban : . . . .

Udin rukun dengan teman-temannya yang tinggal di lingkungan perumahan. Mereka sering berkumpul dan bermain bersama. Mereka bermain tidak membedakan suku bangsa.Bagaimana dengan kamu?
Apakah kamu mau bermain dengan teman berbeda suku bangsa?

Ayo Beraktivitas
Lakukan gerakan-gerakan di bawah ini dengan percaya diri!

Setelah melakukan gerakan-gerakan seperti di atas, mari melakukan permainan berikut.

                   MENIRU HEWAN BERJALAN

Perhatikan gambar anak-anak di atas
Tuliskan ciri-ciri setiap anak tersebut ke dalam tabel di bawah ini dengan teliti!


Ayo Mengamati
Udin dan Edo selalu rukun.
Udin dan Edo sering bermain sepeda.
Perhatikan gambar di bawah ini!

320 dibaca tiga ratus dua puluh.
468 dibaca empat ratus enam puluh delapan.

Bacalah lambang bilangan dibawah ini!
358, 387, 309, 437, 479

Udin dan Edo mempersiapkan keperluan lomba sepeda hias. Mereka akan membeli kertas hias dan lem. Kertas hias dan lem dibeli di toko alat tulis dekat rumah.
Perhatikan gambar di bawah ini!

Buatlah pola bilangan berurut dengan teliti!
Nomor ruko 70, 72, 74, 76, dan 78 membentuk pola bilangan yang berurut.

Bagaimanakah barisan bilangan dengan pola bilangan + 5?
Lengkapilah pola bilangan berikut ini!


Ayo Beraktivitas
Sediakan kartu bilangan dari 1 sampai 100. Kita akan membuat pola bilangan bersama teman dalam kelompok. Satu kelompok terdiri atas lima teman.
Perhatikan kartu bilangan yang dipegang oleh Udin.
> Tentukan bilangan-bilangan yang seharusnya dipegang teman Udin yang lain.
> Isilah bilangan pada kartu bilangan kosong tersebut dengan membentuk barisan bilangan dengan pola +5.

Udin menghias sepeda di rumah Edo. Urutkan gambar-gambar di bawah ini agar menjadi cerita.
Tuliskan kalimat sesuai gambar.

Jawablah pertanyaan-pertanyaan di bawah ini dengan memperhatikan cerita gambar di atas!
1. Apakah Edo marah ketika krayonnya dipatahkan oleh Udin?
2. Tunjukkan gambar manakah yang menjelaskan bahwa Edo tidak marah, meskipun krayonnya dipatahkan Udin!
3. Apa yang dikatakan Udin ketika mematahkan krayon Edo?
4. Nomor berapa rumah Edo? Bacalah kembali bilangan tersebut. Tuliskan bilangan tersebut dalam huruf!
5. Kesimpulan cerita bergambar tersebut adalah.
Salah satu cara agar kita tetap rukun dengan teman adalah ....

Ayo Bercerita
Lengkapilah cerita di bawah ini sesuai dengan keadaanmu!
Kerjakan dengan teliti!
Kemudian, bacalah ceritamu itu di depan kelas dengan percaya diri!
Aku mempunyai teman bermain di sekitar rumah.
Nama teman-temanku itu adalah ….
Mereka berasal dari berbagai suku bangsa.
Temanku .... berasal dari suku bangsa ....
Temanku .... berasal dari suku bangsa ....
Temanku .... berasal dari suku bangsa ....


Kegiatan Bersama Orang Tua
Orang tua memeriksa kembali tugas membuat cerita yang sudah dibuat siswa.
Apabila ada yang kurang, orang tua bisa memberi tahu untuk ditambahkan.