Sabtu, 04 Mei 2019

Pembelajaran 6
Hidup rukun di rumah membuat suasan tenang dan damai.
Lengkapilah cerita berikut dengan kata-kata yang tersedia.
                                  Ayo berwisata

Pagi-pagi udin sudah...
Ayah mengajak pergi ke kebun binatang.
Ibu, kakak, dan udin sedang mempersiapkan
Ayah sedang menyiapkan mobil.
Setelah siap, mereka berangkat naik mobil.
Jalan tidak...sehingga mereka cepat sampai.
Ayah memarkir...
Ibu, Udin, dan kakaknya ante membeli...masuk.
Tiket itu...354, 355, 356, dan 357.
Kata ayah, mereka pengunjung ke 354, 355, 356, dan 357.
Udin senang sekali berwisata ke kebun binatang.

Bacalah cerita tersebut dengan nyaring dan intonasi yang benar!
Lakukan dengan penuh percaya diri. Perhatikan barisan bilangan 354, 355, 356, 357. Bilangan-bilangan itu membentuk pola yang teratur.Kita sudah belajar barisan bilangan +1, +2, dan +3.Coba perhatikan barisan bilangan berikut!

Lengkapilah barisan bilangan berikut
mengikuti pola barisan bilangan di atas dengan teliti!
1. 27  .....   ....   ....   ....
2. ....   32.  ....   ....   ....
3. ....   ....   41.  ....   ....
Tentukan pola barisan bilangan berikut!
1. 37  39  40   42   43
2. 42   43  46   47  51
Ayo mengamati
Carilah sebuah tiket bekas. Mintalah bantuan Ayah, Ibu, atau saudaramu dengan bahasa yang sopan. Laporkanlah isi dari tiket itu.
Contoh:
Saya mendapatkan tiket masuk Kebun Buah.
Pada tiket masuk Kebun Buah tertulis No. 354

Perhatikan nomor salah satu tiket masuk ke kebun binatang bernomor 354.
354 digambarkan sebagai kubus satuan seperi berikut.

Banyaknya kubus ada 354. Dibaca tiga ratus lima puluh empat. Jika 454 digambarkan sebagai kubus satuan sebagai berikut.

Banyaknya kubus ada 454. Dibaca tiga ratus lima puluh empat.

Ayo berdiskusi
Buatlah kelompok yang terdiri atas 3–5 siswa. Jawablah pertanyaan-pertanyaan di bawah ini bersama teman kelompokmu!
Udin ingin sekali pergi ke kebun binatang, tetapi kakaknya tidak.
1. Mengapa akhirnya Udin bisa pergi ke kebun binatang?
2. Seandainya tidak jadi ke kebun binatang, bagaimana perasaan Udin?
3. Bagaimana perasaan kakaknya?
4. Apakah Udin dan kakaknya selalu rukun?
5. Apa akibatnya bila Udin dan kakaknya tidak rukun?
Kesimpulan
Manfaat hidup rukun adalah....

Ayo bernyanyi
Udin dan kakaknya selalu bergembira di kebun binatang. Mereka menyanyi sambil bertepuk tangan. Nyanyikan lagu berikut sambil bertepuk tangan dengan percaya diri!
       Naik-naik ke Puncak Gunung
                               3/4 Ibu Sud
Naik-naik ke puncak gunung.
Tinggi-tinggi sekali.
Kiri kanan kulihat saja.
Banyak pohon cemara.
Kiri kanan kulihat saja.Banyak pohon cemara.
Jawablah pertanyaan-pertanyaan berikut dengan teliti!
Ke manakah tujuan yang dimaksud lagu tersebut?
Apa yang dilakukan seseorang menurut lagu tersebut?
Apa saja yang dilihat seseorang menurut lagu tersebut?

Kegiatan Bersama Orang Tua
Jawablah pertanyaan-pertanyaan berikut dengan teliti!
Ke manakah tujuan yang dimaksud lagu tersebut?
Apa yang dilakukan seseorang menurut lagu tersebut?
Apa saja yang dilihat seseorang menurut lagu tersebut?
Orang tua mengajak anak menyanyikan lagu-lagu yang dinyanyikan di sekolah. Setelah itu anak diajak menyanyikan salah satu lagu daerah sambil bertepuk tangan. Temukan pola irama yang terbentuk dari lagu daerah tersebut.
            Sekarang aku bisa
Beri tanda  pada kotak dengan bantuan gurumu!
1. meminta maaf dengan bahasa yang santun
2. menulis teks buku harian tentang kerukunan di rumah
3. menerima keberagaman anggota keluarga untuk menjaga kerukunan
4. memainkan pola irama 3/4 dengan alat musik ritmik
5. membilang bilangan dari 101 sampai 299 dengan bantuan kubus satuan
6. menyebut banyak benda 101 – 299 dengan bantuan kubus satuan 7. menentukan pola bilangan pada barisan bilangan 1 – 50
8. jalan di tempat, mengayunkan kaki, dan memutar lengan

Penilaian
1. Udin dan Mutiara berencana akan merapikan rak buku pada hari libur. Namun, tiba-tiba Udin membatalkan rencana itu. Buatlah kalimat permohonan maaf Udin kepada Mutiara.
2. Bacalah teks buku harian di bawah ini!

a. Apa isi teks buku harian itu?
b. Apakah tokoh-tokoh pada teks buku harian itu selalu menjaga kerukunan?
c. Tunjukkan kalimat yang menyatakan hal itu.
3. Pilihlah gambar yang menurutmu merupakan tindakan yang benar.
4. Hitunglah banyak kubus satuan di bawah ini.

Banyak kubus satuan dinyatakan dengan kata-kata adalah.......
Banyak kubus satuan dinyatakan dengan angka adalah.......