Sabtu, 11 Mei 2019

Subtema 2
Hidup rukun dengan teman bermain
Rumah Udin di sebelah rumah Edo.
Mereka bermain pada hari libur.
Kadang-kadang mereka juga bermain setelah pulang sekolah.

Naik sepeda adalah kegemaran Udin.
Main kelereng adalah kegemaran Edo.
Mereka tetap bermain bersama, meskipun kegemaran mereka berbeda.

Permainan apa yang sering kamu lakukan bersama temanmu?
Beri tanda √ untuk permainan yang kamu pilih.

Ceritakan jenis permainan yang sering kamu mainkan bersama temanmu!
Apakah kamu rukun dengan temanmu?
Apakah kamu bisa bermain dengan temanmu jika tidak rukun?

                             Pembelajaran 1

Ayo membaca
Bacalah percakapan dibawah ini dengan nyaring!
Udin : Ayo kita bermain sepeda.
Edo : Maaf, Udin. Aku tidak bisa. Sepedaku sedang diperbaiki di bengkel.
Udin : Kita berboncengan saja naik sepedaku.
Edo : Baiklah, saya minta izin Mama lebih dahulu, ya.
Udin dan Oka selalu menjaga kerukunan.

Ayo Menanya
Buatlah kartu pertanyaan tentang percakapan Udin dan Edo tersebut.
Tukarkan kartu itu dengan kartu temanmu!
Mintalah temanmu untuk menjawab pertanyaanmu itu!
Pertanyaan
Jawab:..
Peragakan pertanyaan dan jawaban itu di depan kelas dengan percaya diri!
Ayo mengamati
Ambil gambar di bawah ini!
Urutkan gambar di bawah ini sehingga menjadi cerita.

Ayo menulis
Tuliskan isi cerita sesuai urutan gambar halaman … dengan ejaan dan bahasa yang cermat dan santun!

Ayo Bernyanyi
Udin dan Edo senang bermain sepeda.
Mereka bermain sambil menyanyi.
Di Sini Senang di Sana Senang
                         2/4
Di sini senang
Di sana senang
Di mana-mana hatiku senang
Di sini senang
Di sana senang
Di mana-mana hatiku senang
La la la la la la la la la la la

Ayo Menulis
Cobalah membuat syair lagu tentang kerukunan. Sesuaikan syair lagu itu dengan nada lagu “Di Sini Senang di Sana Senang”.

Nyanyikan syair lagumu itu dengan percaya diri!
Kemudian, carilah pasangan teman untuk bermain tanya jawab!
Mintalah temanmu membuat pertanyaan berdasarkan syair lagumu!
Jawablah pertanyaan temanmu!
Contoh pertanyaan berdasarkan lagu Naik Sepeda:
1. Apakah judul lagu yang dibuat?
2. Kegiatan apa yang diceritakan pada lagu?
3. Siapa yang senang hati?
Ayo Berlatih
Udin dan Edo berusaha menjaga kerukunan.
Rumah Udin berdekatan dengan rumah Edo.
Rumah Edo nomor 102.
Rumah Udin nomor 104.

Ayo Menulis
Tunjuklah bilangan pada gambar berikut.
Bacalah bilangan tersebut dengan teliti!

Tulislah lambang bilangan-bilangan berikut dengan teliti.
1. Seratus empat puluh tujuh = . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . .
2. Seratus tujuh puluh tiga = . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . .
3. Seratus empat puluh dua = . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . .
4. Dua ratus tujuh puluh empat = . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . .
Contoh: Seratus dua puluh tiga = 123
Tuliskan bilangan-bilangan berikut dengan huruf tegak bersambung!
156 = . . . .  . . . .
157 = . . . . . . . .
184 = . . . . . .  .
246 = . . . . . . .
268 = . . . . . . .
Udin dan Edo selalu menjaga kerukunan.
Udin dan Edo sedang bermain membuat barisan bilangan. Perhatikan barisan bilangan yang dibuat oleh mereka!

Barisan bilangan yang dibuat oleh mereka adalah barisan bilangan dengan pola + 4.
Kegiatan Bersama Orang Tua
Orang tua dan anak menyanyikan lagu yang syairnya di buat oleh anak.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar