Sabtu, 22 Juni 2019

Subtema 3
Hidup rukun di sekolah

Udin dan teman-teman belajar di sekolah
Selain waktu belajar, ada juga waktu istirahat.
Waktu istirahat dapat digunakan untuk bermain.
Ada juga yang memanfaatkan untuk saling bercanda.
Udin beristirahat di bawah pohon rindang.
Udin ditemani Beni.
Udin dan Beni membuka bekal makanan dari rumah.
Mereka menikmati bekal bersama.

Pembelajaran 1
Ayo Menanya
Tuliskan pertanyaan pada kartu jawaban tentang kerukunan Udin dan Beni.
Tukarkan tanya jawab itu dengan temanmu dan cobalah saling menjawab pertanyaan itu!

Bekal makanan yang di bawa Udin disiapkan oleh ibu.
Ibu berpesan paa Udin agar mau berbagi dengan teman di sekolah.
Apakah kamu juga membawa bekal dari rumah?
Apakah kamu berbagi dengan temanmu yang tidak membawa bekal?


Berbagi bekal merupakan contoh hidup rukun di sekolah.
Kerukunan dapat terjaga karena kita mempunyai sikap yang baik.
Sikap baik apakah yang sudah kamu lakukan?
Ayo Bernyanyi
Masih ingatkah lagu berjudul Peramah dan Sopan?
Nyanyikan kembali bersama teman-teman!
Peramah dan Sopan
2/4      Ciptaan : Pak Dol
Bukan yang congkak
Bukan yang sombong
Yang disayangi handai dan taulan.
Hanya anak yang tak pernah bohong.
Rajin bekerja, peramah, dan sopan.

Ayo Bercerita
Bacalah syair lagu Peramah dan Sopan dengan teliti!
Ceritakan secara lisan isi lagu itu menggunakan bahasa daerahmu.
Tuliskan kesimpulan isi lagu itu dengan kalimat yang benar.
Tulis kalimat itu dengan huruf tegak bersambung secara rapi!
Contoh:

Bacalah puisi di bawah ini dengan percaya diri!

………………………………………………………………………
Puisi berjudul sahabat terdiri atas dua bait.
Setiap bait terdiri atas empat baris.
….………………………………………………………………….
Ayo Mengamati
Hitunglah banyak kata dan huruf yang terdapat pada bait pertama!
Hitunglah banyak kata dan huruf yang terdapat pada bait kedua!
Teliskan jawabanmu pada tabel di bawah ini.
Manakah yang lebih banyak, kata pada bait pertama atau kata pada bait kedua!
Manakah yang lebih banyak, huruf pada bait pertama atau huruf pada bait kedua!
Kita dapat membandingkannya dengan menggunakan kubus satuan.
Misalnya, banyak huruf pada bait pertama adalah 117.
Banyak huruf ada bait kedua adalah 126.
Perhatikan bilangan itu bila digambarkan dengan kubus satuan.
a.


b.

Kubus yang lebih banyak adalah…

Ayo berlatih
Berikan tanda ( √ ) untuk kumpulan benda yag lebih banyak!


Udin bersahabat dengan Edo.
Mereka sering bermain bersama.
Rumah Udin berdekatan dengan Edo.
Perhatikan penomoran rumah di perumahan tempat tinggal mereka.

Penomoran rumah itu dapat dibuat menjadi baris bilangan.

Bilangan 100 meloncat maju 1 menjadi 101.
Bilangan 101 meloncat maju 1 menjadi 102.
Hitunglah berapa loncatan bila bilangan 100 maju ke 107!
Bilangan-bilangan tersebut membentuk pola bilangan yang teratur.
100  102  103  104  105  106  107  108  109  110  111  112  113  114
Bilangan loncat maju 7 sama dengan bilangan +7.

Ayo Berlatih
Lengkapilah barisan bilangan dengan +7 di bawah ini dengan teliti!
1.  47     …     …     …     …
2.  …     53     …     …     …
3.  …     …     64     …     …
4.  …     …     …     71     …
5.  …     …     …     …      87
Tentukan pola bilangan dari barisan bilangan berikut dengan teliti!
Gambarkan pola itu pada barisan bilangan berikut.
Contoh:

Udin mengerjakan tugas sekolah bersama Edo.
Mereka selalu menjaga persahabatan.
Tahukah kamu apa arti sahabat?
Carilah artinya pada kamus mini dalam buku ini dengan teliti!
Menurutmu, bagaimana sifat sahabatmu?
Pernahkah kamu berbuat salah kepada teman atau sahabatmu?
Bagaimana caramu meminta maaf?
….…………………………………………………………………..
Peragakan permohonan maafmu dengan teman sebangku!


Tidak ada komentar:

Posting Komentar